Posted on by Dhika

DAP Bikin Eargasm

Digital Audio Player (DAP) menjadi salah satu andalan bagi pehobi earphone dan headphone. Namun biasanya yang menjadi sorotan adalah label ‘Hi-Res’. Label milik Sony yang kini dipegang oleh Japan Audio Society (JAS) itu memang menjadi tolak ukur para pemburu DAP.

Kenapa begitu? Hi-Res memiliki sampling rate dan bit depth lebih tinggi dibandingkan audio CD. Hasil suaranya lebih jernih dan mencakup frekuensi yang lebih luas, seperti bass yang lebih nendang dan treble yang lebih jelas.

Nah, untuk DAP dengan label Hi-Res dapat mereproduksi ketebalan dan ekspresi suara yang kaya, jika dibandingkan sumber suara yang sama dengan smartphone.

Namun, bagi yang belum pernah menggunakan DAP, suara yang dihasilkan audio CD sudah cukup bagus. Berbeda halnya bagi yang sudah mendengarkan DAP, suara yang dihasilkan lebih jernih. Perbedaan juga bisa dirasakan dengan perangkat penunjang lain yang digunakan, seperti earphone atau headphone.

Salah satu poin penting dalam memilih DAP adalah format file yang sesuai. Ada berbagai jenis format file musik seperti FLAC, WAV, ALAC, DSS, AIFF, MP3, AAC dan sebagainya. Diantaranya, produk yang kompatibel dengan FLAC dan WAV kompatibel dengan resolusi tinggi, sehingga memungkinkan untuk mendengarkan sumber suara berkualitas lebih tinggi.

Saat ini tersedia berbagai produk dengan harga yang terjangkau hingga selangit. Nah kalau sudah begini tinggal sesuaikan bujet dan pilih yang cocok dengan selera.


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store