Posted on by @rief

Megahnya Masjid Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahayan yang terletak di Jalan A. Yani No. 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari menjadi bangunan kebanggaan masyarakat Solo dan sekitarnya. Diresmikan Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Muhammad bin Zayed (MBZ) beberapa waktu lalu, bangunan masjid berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektare dengan daya tampung mencapai 10 ribu jemaah.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Meski ukurannya dibuat 4 kali lebih kecil dari masjid aslinya. Masjid Sheikh Zayed juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama dengan kubah-kubah kecil serta ornamen bangunan khas Timur Tengah mengelilingi. Arsitektur Islam modern menggambarkan persahabatan yang terjalin antara UEA dan Indonesia.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Selain digunakan untuk ibadah, masjid bernuansa putih dan emas dengan biaya pembangunan sekitar Rp 300 miliar juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi. Selain itu bangunan masjid seluas 8.000 meter persegi ini juga terdiri dari ruang VIP, perpustakaan berukuran 20 meter persegi dan basement untuk tempat wudhu putra dan putri. Lahan parkir yang tersedia pun cukup luas, sekitar 3.500 meter persegi bisa menampung 9 bus dan 50 kendaraan pribadi.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Lantai dan dinding Masjid Raya Sheikh Zayed juga tampak megah karena menggunakan marmer Italia. Sedangkan identitas tradisional kota Solo diwakili dengan motif batik kawung pada sebagian lantai di area pelataran masjid. Motif batik tersebut juga menghiasi karpet yang membalut lantai bangunan utama masjid dan bagian tepi karpet, serta desain geometris arabesque di bagian tengah sebagai kombinasinya.

Kini keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed menjadi destinasi wisata religi saat Anda mengunjungi kota Solo.

Photos : Internet


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store