Posted on by Dhika

7 Efek Serial Squid Game

Siapa yang masih belum tahu tentang serial Squid Game? Sepertinya nama serial tersebut sudah tidak asing karena kepopuleran yang meningkat cukup pesat. Tayang perdana pada 17 September 2021 lalu, Squid game yang dikemas dalam 9 episode langsung trending di 83 negara, termasuk Indonesia.

Pengemasan serial yang berlatarkan permainan tradisional Korea dengan nyawa sebagai taruhan mungkin menjadi daya tariknya. Selain itu alur cerita plot twist juga menjadi suatu yang digemari oleh penonton.

Menariknya, dengan kepopulerannya ini menimbulkan beberapa efek positif maupun negatif. Nah Mister MB sudah merangkum beberapa efek serial Squid Game.

1. Meningkatkan Saham Perusahaan

Perusahaan media Korea menjadi populer di kalangan investor hingga alami lonjakan saham. Bucket Studio Co sebagai pemegang saham agency yang mewakili aktor utama Squid Game, Lee Jung-Jae, sahamnya sempat melesat 90 persen dalam tiga sesi perdagangan. Sementara itu, Showbox Corp, yang pendirinya pernah berinvestasi di Siren Pictures, sahamnya sempat melonjak lebih dari 50 persen.

2. Nomor Telepon Asli

Selain itu yang juga ramai diperbincangkan adalah penggunaan nomor telepon asli pada kartu nama di serial tersebut. Ada dimana adegan seseorang memberikan kartu nama bertuliskan nomor telepon untuk mengikuti game berhadiah uang.

Nah nomor tersebut rupanya milik seorang pria asal Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Karena nomornya muncul dalam serial tersebut, ia cukup resah karena banyak panggilan telepon, pesan teks dan gambar yang masuk. Bahkan, ia mengaku kewalahan menerima panggilan telepon tersebut. Namun ada hal unik, nomor telepon itu juga sempat ditawar seharga 100 juta Won (sekitar Rp 1,2 miliar) oleh politisi Korea Selatan, Huh Kyung Young. ‘Kira-kira dilepas enggak ya?’

3. Gugatan Provider Internet

Bukan hanya itu saja, hal negatif akibat popularitas Squid Game juga ada. Provider internet, SK Broadband menggugat Netflix agar membayar biaya traffic yang digunakan karena kepopuleran serial yang ada di platformnya, termasuk Squid Game. SK Broadband mengaku bahwa pihaknya telah mencatat traffic Netflix yang meningkat cukup pesat.

Dilansir dari Reuters, kalau lonjakan traffic tersebut awalnya berada di angka 50 gigabit per detik di bulan Mei 2018. Namun sekarang Netflix dikatakan telah menggunakan sekitar 1.200 gigabit per detik selama September 2021.

4. Meningkatnya Followers Instagram

Squid Game juga membawa pemeran Kang Sae Byeok yang diperankan oleh Kim Jung Ho Yeon menjadi aktris Korea dengan pengikut terbanyak kedua di Instagram. Sebelumnya ia hanya memiliki pengikut sekitar 400 ribu saja. Namun, dengan suksesnya serial tersebut, kini pengikut Jung Ho Yeon bertambah menjadi 13,4 juta akun. Lee Sung Kyung yang saat ini masih menjadi aktris Korea dengan pengikut terbanyak di Instagram memiliki jumlah pengikut sekitar 26,1 juta akun.

5. Dalgona Candy Jadi Tren

Efek Squid Game pun terbawa ke dunia kuliner. Dalgona Candy atau permen gulali yang ada di tantangan permainan tersebut juga viral. Bahkan menjadi sedang tren saat ini dan dijadikan konten di TikTok maupun media sosial lainnya.

6. Meme Lucu

Lainnya yang cukup ramai dijadikan konten adalah meme lulu yang mengundang tawa, seperti boneka ‘Lampu Merah – Lampu Hijau’ yang diletakkan di perempatan lampu merah, hingga pola permen gulali yang sulit untuk dikerjakan.

7. Film Survival Game Tren Kembali

Selain itu, serial Quid Game juga mendongkrak film atau serial bergenre Survival Game lainnya, salah satu yang kembali trending adalah serial Alice in Borderland yang masuk top 10 Netflix. Nah menurut kalian apa lagi efek Squid Game lainnya?


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store