Posted on by @rief

Canggih Bus Listrik Tanpa Supir

bus listrik otonom

Tidak lagi sekedar khayalan belaka, teknologi masa depan kini sudah hadir di depan mata. Ini terbukti dengan beroperasinya bus otonom listrik pertama yang melayani masyarakat di kawasan BSD, Tangerang. Hal tersebut dapat terwujud berkat kerja sama Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang menyediakan dua unit bus otonom listrik produksi Navya Arma.

Kendaraan yang diproduksi di Prancis tersebut akan difungsikan sebagai bus shuttle dengan rute Q Big BSD City dan BSD Green Office Park sebagai permulaan. Memiliki panjang 4,7 meter, lebar 2,1 meter, dan tinggi 2,6 meter bus dapat memuat penumpang hingga 15 orang. Yakni 11 orang duduk dan 4 orang sisanya berdiri.

bus listrik otonom

Bus otonom listrik digerakkan motor listrik dengan keluaran tenaga sebesar 25 kW. Sumber listriknya diambil dari baterai lithium ion berkapasitas 33 kWh yang dalam kondisi penuh dapat beroperasi hingga 9 jam. Sementara jarak tempuh terbatas di 30 km dalam sekali pengecasan, dengan batas kecepatan maksimal 25 km/jam. Cukup untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

bus listrik otonom

Serunya lagi bus ini juga dilengkapi dengan fitur Global Navigation Satellite System (GNSS), sensor LiDAR dan kamera resolusi tinggi untuk kebutuhan analisis data, pemetaan lingkungan sekitar. Dengan begitu nantinya bus dapat menentukan lintasan dan profil kecepatan ideal, akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Gimana canggih kan.

Photos : Internet


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store