Posted on by @rief

Perpustakaan TIM Kini Lebih Modern

perpustakaan tim taman ismail jakarta

Perpustakaan Jakarta yang terletak di Gedung Panjang, menjadi bagian dari proyek revitalisasi komplek Taman Ismail Marzuki (TIM) di Jalan Cikini Raya. Telah resmi dibuka untuk umum, lingkup pengerjaan proyek revitalisasi mencakup gedung Planetarium, Galeri Annex, Graha Bhakti Budaya, Teater Halaman, Masjid Amir Hamzah, Gedung Parkir Taman dan pastinya Gedung Panjang.

Dirancang oleh arsitek Andra Martin, perpustakaan terletak di lantai 4 sampai 7 Gedung Panjang yang bagian jendelanya sengaja dirancang menyerupai not balok lagu rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki. Desain interior pun tak kalah menarik yang memiliki nuansa modern dan hangat dengan ambience berwarna beton dan coklat berupa material kayu, pada rak buku, lantai, kursi dan mejanya.

perpustakaan tim taman ismail jakarta

Selain digunakan sebagai perpustakaan yang memiliki koleksi lebih dari 38.000 judul buku dengan total 190.000 eksemplar, Gedung Panjang juga difungsikan sebagai galeri untuk memajang karya seni yang dipamerkan, wisma untuk tempat beristirahat para seniman yang hendak tampil dan juga Pusat Dokumentasi Sastra Hans Bague(HB) Jassin.

 

perpustakaan tim taman ismail jakarta

Lembaga dokumentasi yang menyimpan dan mengelola lebih dari 3000 koleksi buku, buku harian, kliping majalah, dan karya sastra milik kritikus sastra Indonesia terkemuka. Beberapa puisi tulisan tangan karya sastrawan besar dari Chairil Anwar hingga W.S Rendra disimpan di sini, termasuk di salinan buku asli yang terpelihara baik sejak tahun 1800-an.

 

perpustakaan tim taman ismail jakarta

Diharapkan setelah revitalisasi TIM dan wajah baru perpustakaan yang dibuat sangat modern dan kekinian dapat menarik minat generasi muda untuk rajin membaca dan singgah di komplek seluas 8 hektar ini. Sebelumnya kamu harus mendaftar dan melakukan reservasi di laman https://perpustakaan.jakarta.go.id. Karena jumlah pengunjung dibatasi 300 orang per sesi dan buka mulai dari pukul 09 : 00 sampai 17 : 00. 

Photos : Internet (Wajahbaru & Antara)


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store